Selasa, 15 Maret 2016 M – 6 Jumadil Akhir 1437 H
Dilaporkan oleh: Luqmanul Hakim, Rahmadanil Yusuf, Muhammad Zakir.

MTI Canduang – JUSTIC. Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) yang dilaksanakan oleh santri kelas XII Aliyah (kelas VII) di MTI Canduang, Agam, Sumatera Barat telah dilaksanakan semenjak kemarin (14/03) hingga Rabu (16/3) esok hari. Semua santri yang terdiri dari 3 (tiga) program tersebut yaitu Program Keagamaan, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dibagi menjadi 6 lokal dengan 20 orang santri per-lokalnya. Masing-masing lokal ini diawasi oleh 2 orang pengawas, yang mana seluruh pengawas merupakan guru di MTI Canduang sendiri.

ilustrasi
Karena ada 3 (tiga) program atau jurusan, maka jadwal UAMBN pun berbeda. Khusus jurusan Keagamaan, jadwalnya adalah Ilmu Kalam dan Akhlak pada hari Senin (14/3), Sejarah kebudayaan Islam (SKI) pada hari Selasa (15/3) dan Bahasa Arab pada hari Rabu (16/3). Sementara untuk jurusan IPA dan IPS, memiliki jadwal ujian yang sama, yaitu al-Qur’an Hadits dan Aqidah Akhlak pada hari Senin (14/3), Fiqh dan SKI pada hari Selasa (15/3) dan Bahasa Arab pada hari Rabu (16/3).

Selain itu, dari Kantor Tata Usaha ada 3 (tiga) kali dalam membunyikan bel bagi peserta UAMBN. Yang pertama pukul 07.10 WIB, yaitu seluruh santri harus sudah berada di lokal ujiannya masing-masing. Bel kedua berbunyi pada 10 menit sebelum waktu ujian habis. Dan bel ketiga berbunyi ketika waktu ujian sudah benar-benar habis. Begitu juga dengan ujian pada jam ke-dua.

Dari wawancara Justic dengan salah seorang santri kelas VII, Wiza Novia Rahmi, bahwa soal-soal yang diajukan dalam UAMBN ini memang sesuai sekali dengan kisi-kisi yang sudah dibagikan kepada seluruh santri. Karenanya bagi santri yang membahas kisi-kisi dengan serius, maka ia akan dapat menjawab pertanyaan tersebut.

Selama proses UAMBN ini berlangsung, seluruh santri di tingkat Aliyah (kelas IV Khusus, kelas 5 dan kelas 6) diliburkan dan kembali bersekolah pada hari Kamis mendatang (17/3). Sedangkan santri di tingkat Tsanawiyah tetap belajar seperti biasa namun masuk pada pukul 13.00 WIB. 

Berdasarkan pantauan Justic di lokasi, UAMBN kali ini terlihat aman walaupun ada kendala seperti beberapa soal yang kurang dapat difahami. Namun secara keseluruhan, UAMBN terbilang lancar dan tenang. || JUSTIC ||

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama