Sabtu, 28 Februari 2015 M / 9 Jumadil Awal 1436 H
Reporter : Miftahun Musthapa




MTI Canduang - JUSTIC.Goro bersama ini di laksanakan pada pagi sabtu 28 februari 2015. Tepatnya pada jam ke-3 sesudah belajar pada jam pertama dan ke-2. Goro bersama tersebut diadakan dalam rangka persiapan ujian besok harinya. Goro tersebut di laksanakan oleh seluruh santri. Dan guru bidang studi yang mengajar pada jam ke-3, bertanggung jawab dalam pelaksanaan goro di lokal masing masing. Oleh karena itu semua santri tanpa terkecuali ikut serta bekerja dan membersihkan lokal masing masing. Dalam waktu beberpa menit saja lokal lokal itu sudah bersih dan meja meja tersusun dengan rapi sesuai intruksi dari pimpinan. Seperti beberapa lokal yg di amati crew justic. Dalam hal ini jelas terlihat, bahwa warga madrasah sudah menjalin hubungan yg baik antar sesama. Sehingga bisa terciptanya kekompakan yg begitu cepat antar sesama santri. Oleh karena itu, para santri tidak butuh waktu lama untuk membersihkan lokal lokal yg akan di pakai untuk ujian esoknya.
  
Sebelumnya, pada apel pagi pimpinan madrasah tingkat aliyah ( zulkifli MA) telah menyampaikan bahwa ujian besok ada dua macam. Yaitu Ujian Akhir Sekolah (UAS) untuk kelas 4 MTI (IX tsanawiyah) dan kelas 7 (XII aliyah). Dan ujian mid semester 2 untuk kelas 1-6 MTI. Dalam apel pagi itu beliau mengatakan dengan jelas bahwa pada ujian tersebut para santri tidak diperbolehkan bertanya pada teman, meminjam sesuatu pada teman dan mencontek. Bagi santri yg kedapatan, maka guru pengawas berhak sepenuhnya untuk merobek lembar jawaban santri itu tanpa harus ada nego. 

Berbicara tentang ujian. Tidak akan lepas dari masalah soal. Mengenai soal, pada ujian kali ini akan dimasukkan bahkan di wajibkan menyertakan ilmu ilmu alat (nahu, sharaf, manthiq, dan lain sebagainya). Itu bertujuan agar santri memahami dan menyadari bahwa pentingnya penguasaan ilmu alat. Maka dalam menjawab setiap soal tersebut, santri akan meng-i'rab, memberi harkat dan menjelaskan maksud dari soal itu.

   

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama