Rabu 24 Desember 2014 M - 2 Rabi'ul Awal 1436 H
Reporter : Andrial Putra

MTI Canduang-JUSTIC  Latania fizikri (17 thn) seorang santri MTI Canduang yang sekarang  menginjak kelas VI MTI atau setingkat kelas 2 MA diberangkatkan ke tanah suci Mekkah demi melaksanakan rangkaian ibadah umrah pada Kamis (11/12) lalu. Hadiah umrah yang ia peroleh berawal dari talentanya di bidang hafiz al-qur’an dengan berhasil meraih juara 1 tahfiz 20 juz pada MTQ ke-36 tingkat kab Agam di Kecamatan Malalak.


Ketika ditemui di sekolahnya santri yang biasa dipanggil Nia ini menuturkan bahwa pada awalnya hadiah umrah tersebut akan dialokasikan kepada peraih juara 1 tahfiz 30 juz, tapi dikarenakan cabang tahfiz 30 tidak diperlombakan dalam MTQ ke-36 Kab Agam, maka melalui Hj. Salmi al-Ghazali salah seorang guru MTI Canduang yang juga menjadi juri dalam ajang tersebut donatur mengalihkannya untuk peraih juara 1 tahfiz 20 juz.

Terkait prestasi yang mengharumkan nama MTI Canduang ini salah seorang unsur pimpinan Dra. Zuriyati Ilyas mengungkapkan bahwa sekolah sangat  bertanggapan positif terhadap hal ini. Dan sangat-sangat mengapresiasi terhadap prestasi ini serta akan mengkader santri-santri lainya agar bisa melejitkan potensinya serta mengharumkan nama MTI-C sebagaimana halnya Latania ini.

Hal senada diungkapkan Zulkifli S.Pd.I.,MA. di depan para santri ketika apel pagi beberapa hari sebelum keberangkatan Nia menuju tanah suci. Bahwa MTI-C sangat tersanjung dengan prestasi yang diraih Nia dan ia juga berharap ada santri-santri lain yang mampu mengikuti jejak Nia mengharumkan nama MTI-C dengan keahlian yang mereka miliki.

Mengawali kegiatan di tanah suci Nia menjelaskan bahwa tempat pertama yang dikunjungi dari Jeddah adalah kota nabi Muhammad saw Madinatul Munawarrah. Nia dan rombongan tiba di Madinah pada hari Jum’at (12/12). Selama di Madinah selain beribadah di mesjid Nabawi  ia  dan rombongan berziarah ke beberapa tempat penting seperti Raudah, jabal Uhud, jabal Magnet, pekuburan Baqi dan tempat-tempat penting lainya sebagaimana yang ia ceritakan pada crew Justic.

Tiga hari di Madinah Nia dan rombongan menuju Mekkah untuk melaksanakan ibadah umrah tepatnya pada hari Senin (15/12). Selama di Mekkah Nhia menuturkan ia sempat melaksanakan ibadah umrah sebanyak 2 kali. Selain itu juga mengunjungi berbagai tempat seperti ‘Arafah, Mina, Muzdalifah, Jabal Rahmah, Gua Hira’ dan yang lainya. Dan kembali ke Indonesia pada Jum’at(19/12).

Pada  Minggu malam (21/12) Nia sudah kembali berada di Canduang dan kembali memulai aktivitas sebagai santri MTI-C pada Senin(22/12). Kepada Justic Nia menuturkan perasaan haru bercampur senang dengan perjalanan umrah yang merupakan hadiah dari Hj. Asneli salah seorang pemilik saham PT. H2O (Hidayah Hasyid Oetama) yang merupakan warga asli Canduang Koto Laweh yang bermukim di Jakarta. Nia mengungkapkan kalau sebelumnya tak pernah terbayang akan menempuh perjalanan umrah tersebut. Sebuah hal yang menurutnya kejutan dari Allah SWT. | JUSTIC

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama