Selasa, 04 November 2014 M - 11 Muharram 1436 H
Reporter: Rafika Ridha Izzati

MTI Canduang - JUSTIC. Kepala Kementrian Agama Kabupaten Agam (Drs. H. Asra Faber, MM) menjadi pembina Upacara Bendera di MTI Canduang kemarin (03/11). 

Seperti biasanya, latihan atau training bagi pelaksana upacara (protokol, pembaca UUD 1945, Ikrar Santri, dll) dilakukan pada Minggu sore di halaman MTI Canduang. Namun dari pantauan JUSTIC di lokasi, latihan tidak berlangsung lama dikarenakan cuaca hujan. Latihan yang diadakan di halaman MTI Canduang ini bertujuan untuk melatih keberanian paara pelaksana upacara dan menghilangkan keragu-raguan ketika tampil.

Ada beberapa hal yang terlihat menonjol dan sangat berbeda pada upacara bendera kemarin pagi (04/11), salah satunya ialah penggerek bendera yang biasanya terdiri dari tiga orang santri laki-laki kini berganti menjadi dua orang santri laki-laki dan satu orang santri perempuan.

Hal ini awalnya terkesan baik-baik saja, namun dari tuturan saah seorang guru MTI Canduang di salah satu lokal, menyebutkan bahwa pandangan ini sangat kurang baik, karena tidak cocok rasanya jika seorang perempuan berada di tengah-tengah dua orang laki-laki, serta berjalan bersama dan serentak. Ini sangat tidak cocok dengan pandangan madrasah yang ternilai sangat menghargai wanita, akan lebih baik lagi jika perempuan saja ketiga-tiganya atau laki-laki saja ketiga-tiganya, agar terlihat lebih baik dan pantas di madrasah ini. | JUSTIC

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama