Reporter : Mita Septia Ningsih

MTI Candung_Justic. Dipagi hari itu, Minggu (10/08) adalah hari dimana hasil penjurusan bagi santri kelas 5 dan kelas 6 akan diumumkan, yang mana sebelumnya telah mengikuti ujian penjurusan pada Jumat lalu. Berbeda dengan biasanya, Santri bebas memilih jurusan yang ia minati, namun kali ini santri akan dihadapkan dengan uji coba dari berbagai bidang study yang akan diprogramkan pada tiap-tiap jurusan .

Dari hasil ujian tersebut, tampak beberapa santri terkhusus bagi santri yang  duduk di kelas 6 merasa kecewa dengan hasil yang tidak sesuai dengan apa yang mereka harapkan. Dengan menunjukan wajah bersedih, mereka mencoba untuk berbicara kembali dengan guru yang bersangkutan perihal boleh tidaknya untuk berpindah jurusan. Dengan permintaan tersebut Laila Rahmawati selaku guru BK (bimbingan konseling) di MTI candung membolehkan mereka untuk bertukar posisi dengan teman yang lain pada waktu yang 
                                                                               dibataskan.


Dari hasil survei terhadap minat, para santri cendrung memilih jurusan MAK (Madrasah Aliyah Keagamaan) dan jurusan IPS (Ilmu pengetahuan social).Sedangkan pada jurusan IPA(Ilmu Pengetahuan Alam)  cukup minim dari minat para santri.Hal ini disebabkan takutnya mereka  jika gagal dalam mempelajari bidang study yang diprogramkan dalam jurusan IPA tersebut. Maka dari itulah sebabnya MTI C. mengadakan uji coba penjurusan bagi santri, agar para guru bisa menempatkan mereka sesuai dengan kemampuan yang mereka miliki, dan juga seimbangnya jumlah murid pada tiapa-tiap lokal.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama