Minggu, 25 Mei 2014 M - 25 Rajab 1435 H
Reporter : INDAH AL AZIZ dan HADIATUL HUSNA

MTI Candung - JUSTIC, Sama halnya dengan sekolah-sekolah yang lain, MTI Candung juga membuka kembali pendaftaran santri baru untuk tahun ajaran 2014/2015. Pendaftaran santri baru di MTI Candung  telah dimulai semenjak 1 April 2014 dan berakhir pada 17 Juli 2014, pendaftaran dibuka setiap hari Sabtu hingga hari Kamis dengan jam kerja pada pukul 08:00 WIB - 16:00 WIB. Panitia pendaftaran santri baru diketuai oleh Abdullah S,Ag dan sekretarisnya adalah Muhammad Nazif S,Ag. 

Hingga hari ini, jumlah santri yang telah mendaftar adalah sebanyak 46 orang dengan 4 orang santri untuk kelas 4 khusus, dan yang telah mendaftar ulang tercatat sebanyak 16 orang. Akan tetapi dalam 46 orang santri yang telah mendaftar tersebut terdapat 1 orang santri cadangan karena dianggap terlalu sulit bagi calon santri tersebut menjalani tes yang dilakukan.

Bagi calon santri baru tersebut, tes-tes yang harus dijalaninya adalah :
1. Kemampuan calon santri dalam membaca Al-Quran
2. Praktek ibadah, yaitu dengan melakukan praktek shalat, baik shalat wajib maupun shalat sunat.
3. Pengetahuan agama yang dilakukan secara lisan, yaitu tanya jawab tentang persoalan tarikh, fiqh, dll.
4. Imla', yaitu dengan melakukan tes menulis ayat Al-Quran.

Selain melakukan tes secara lansung, pihak panitia pendaftaran siswa baru juga membuka tes lewat telepon, yaitu bagi calon santri yang berasal dari daerah yang cukup jauh yang tidak memungkinkan baginya untuk datang lansung ke kampus MTI Candung.

Tes ini dilakukan untuk menentuan lokal bagi calon santri baru, selain itu lokal bagi santri tersebut juga ditentukan berdasarkan rengkingnya di waktu masih SD.

Pendaftaran kali ini berbeda dengan tahun lalu, yang mana tahun lalu santri mendaftar dengan membawa ijazah, akan tetapi untuk tahun sekarang santri dapat mendaftar hanya dengan membawa Raport SD semester I & II  kelas V, serta semester I kelas VI.

Biaya pendaftaran bagi para calon santri baru adalah Rp 150.000,- yaitu dengan disertai biaya pemdaftarn ulang sesuai dengan jumlah biaya kebutuhan sekolah calon santri baru tersebut nantinya.


Calon santri baru yang mendapatkan peringkat kelas di SD, diberi keringanan oleh pihak sekolah yaitu : 
- Juara I diberi kebebasan dari kewajiban membayar SPP selama 4 bulan,
- Juara II diberi kebebasan dari kewajiban membayar SPP selama 3 bulan, serta
- Juara III diberi kebebasan dari kewajiban membayar SPP selama 2 BULAN.

Tidak hanya bagi calon santri yang Juara kelas, para calon santri yang hafidz Al-Quran juga diberi Discount biaya pendataran, yaitu calon santri dengan hafalan 1 Juz diberi discount uang pembangunan 10% dan yang hafalan 2 Juz atau lebih dari 2 Juz diberi discount uang pembangunan sebanyak 25%.

Menurut penuturan ketua Panitia PSB Abdullah S,Ag, "dibandingkan dengan tahun sebelumnya dengan melihat dari segi  waktu pendaftaran, hingga sekarang jumlah calon santri yang mendaftar sudah terhitung banyak, akan tetapi belum dapat diperkirakan apakah jumlah santri baru nanti akan lebih banyak dari tahun sebelumnya, dan seandainya terjadi peningkatan jumlah santri baru yang kemidian melebihi kapasitas ketersediaan lokal, sekolah akan tetap membatasi jumlah santri baru nantinya, yang mana lokal yang tersedia hanyalah sebanyak 6 lokal untuk kelas I serta 1 lokal intuk kelas IV Khusus".

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama