Senin, 10 Zulqaedah 1434 H - 16 September 2013
Reporter : Mela Wati

MTI Canduang- Justic, Kepala sekolah tingkat Tsaniwiyah MTI Canduang Hasan Basri SPd.I menyampaikan amanat upacara bendera di lapangan Madrasah, amanatnya kali ini berkenan dengan beberapa bidang study yang akan di ujikan kepada santri disamping kurikulum Madrasah, yang merupakan kurikulum KAKANWIL  (Kementrian Agama Kantor Wilayah) Sumatera Barat yang telah diintegrasikan dengan beberapa bidang study kitab yang diajarkan di MTI Candung.

Meski tidak tercantum dalam daftar, namun beberapa bidang study tersebut berdasarkan penuturan Hasan Basri tetap akan diujikan kepada santri. Karena sejatinya bidang study tersebut sudah diajarkan kepada santri melalui ustadz/zah yang mengajar kitab kuning.



Sedikitnya ada 4 bidang study yang diintegrasikan dengan bidang study kitab seperti halnya al-Qur`an Hadist dintegrasikan dengan bidang study Hafiz dan lansung diajarkan oleh guru yang mengajar Hafiz, demikian halnya bidang study Fiqih Syari`ah diintegrasikan dengan bidang study Fiqih, SKI (Sejarah Kebudayan Islam) dengan Tarekh, Akidah Aklakh dengan Tauhid dan Tasauf.

Jadi, guru Fiqih yang biasanya hanya memaparkan penjelasan kitab kuning, sekarang dia juga harus menjelaskan konsep-konsep Fiqih Syari`ah. Begitu juga dengan SKI, dan yang lainya.
 juga akan mengujikan kurikulum KAKANWIL Sumbar yang untuk tingkat Tsaniwiyah berjumlah 11 mata pelajaran (MTK, IPA, IPS, Akidah Akhlak, Fiqih syari`ah, al-Qur`an Hadist, SKI, PKN, B.Arab, B.inggris, B. Indonesia).


Lebih jauh Hasan Basri menggambarkan bahwa dalam pelaksanan ujian nanti disamping akan mengujikan kurikulum Madrasah

Mengakhiri amanat Hasan Basri berharab semua kebijakan tersebut bisa diterima dan terlaksana semestinya.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama