Rabu, 12 Zulqaedah 1434 H - 18 September 2013 M
Reporter : Wiza Novia Rahmi

MTI Canduang-Justic, KULTUM(Kuliah Tujuh Menit) merupakan salah satu kegiatan santriwan MTI (Madrasah Tarbiyah Islamiyah) Candung yang dilakukan setiap sebelum shalat zuhur, kegiatan ini guna untuk melatih santriwan MTI Canduang agar bisa tampil di depan umum,  menyampaikan apa yang telah dipelajari dan mengajak pendengar pada kebaikan.

Kegiatan yang memanfa`atkan Mesjid Tarbiyah ini menampilkan para santriwan secara bergilir dari kelas 1-1 sampai kelas 7-3. Tiga orang santriwan terpilih akan mewakili lokalnya masing-masing. Tugas ketiganya tidak hanya Kultum, tetapi ketiganya berbagi tugas dalam tiga kegiatan mengiringi solat jama`ah Zuhur yaitu azan, kultum dan do`a. Dalam hal ini, para anggota OSTI (Organisasi Santri Tarbiyah Islamiyah)  yang membidangi dakwah, mengambil peran penting dalam hal penyusunan jadwal. Sebelum penyusunan jadwal terlebih dahulu dilakukan pendatan ke lokal-lokal yang ada santriwanya. Kemudian baru dilakukan penyusunan jadwal dan ditempel di depan lokal-lokal.

Namun banyak yang berharap, tidak hanya santriwan yang menyampaikan Kultum, tetapi juga santriwati. Beberapa bulan yang lalu, OSTI sempat medata santriwati yang akan Kultum di mushola samping asrama putri. Namun sayang, kegiatan tidak berlangsung lama, karena mushola tersebut akhirnya dijadikan sebagai lokal bagi sebagian kelas 1, disebabkan minimnya jumlah lokal yang ada dibanding jumlah santri. maka sampai sekarang, santriwati tetap shalat berjam`ah di Mesjid sesuai peraturan dari sekolah, dan masih belum bisa ikut serta dalam jadwal Kultum. Justic

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama