Bermula dari pelatihan kejurnalistikan yang di adakan di SLTP 3 Canduang pada tanggal 26-27 Juni 2007, yang bertempat di Lasi Mudo dan di SMIK Batu Taba tanggal 28 Juni 2007 bekerjasama dengan harian Padek (Padang Ekspres).Peserta pelatihan adalah dari SMP, SMA, SMK dan Pesantren se kecamatan Canduang. MTI Canduang mengutus 5 orang peserta. Yaitu: Yunal Isra, Leo Surya Sarli, Rahmat Asril, Ari Azhari dan Zulkariman dengan guru pendamping Fitrayadi. Walaupun sempat terlambat, karena di MTI Canduang sedang ujian, tetapi alhamdulillah panitia masih mengizinkan mereka untuk ikut serta.

Sepulang dari pelatihan, 5 orang peserta tadi diberitugas oleh Fitrayadi membuat karangan tentang pengalaman selama liburan sekolah. Setelah liburan tulisan itu di publikasikan melalui majalah dinding. Secara praktis Mading (Majalah dinding)Madrasah di kelola oleh mereka berlima walaupun sebenarnya ada pengurusnya. Setiap hari ada saja kreasi baru yang mereka buat sehingga mading semakin menarik dan menjadi kebutuhan pembaca setiap pekannya. Diantara artikel yang menarik perhatian pembaca adalah kolom berita seputar MTI Canduang. Setiap hari volume kegiatan makin bertambah, hampir menyerupai suatu media pemberitaan yang membutuhkan kolektor tulisan, peliput berita, tukang foto, tukang ketik, tukang edit dan layout dan sebagainya, lalu mereka memutuskan merekrut beberapa orang kader bergabung membantu kegiatan kejurnalistikan itu.

Ternyata banyak sekali santri yang berminat untuk dikader, dengan motifasi bahwa para jurnalis itu adalah sumber berita, informasinya up-to-date dan mereka bisa disebut sebagai orang yang serba tahu. Dari sekian banyak calon jurnalis pelajar MTI Canduang, panitia hanya memilih 16 orang saja yang bakal dikader yaitu: Firmanto, Zulfajri, Syauqi Fuadi, Ardiwinata, Mua’ammar, Qurrata A’yuni, Betti mawarni, Irwani, Metrianis utami, Darmawita, Istihanah Jamil, Fauziah, Rahmi yanti, Abdullah Akbar dan Melisa Putriadi. Kepada mereka diajarkan dasar-dasar jurnalistik yang berbasis ilmu kepesantrenan dan metodologi penulisan ilmiyah dengan menggunakan sebuah diktat yang di download dari berbagai website di internet dengan jadwal pendidikan 6 kali pertemuan setiap sore hari kamis. Instrukturnya adalah Fitrayadi dari MTI Canduang.

Sebenarnya beberapa bulan sebelumnya, ada pula pendidikan kejurnalistikan yang di latih oleh wartawan-wartawan Harian Sianggalang di MTI Canduang. Pesertanya terbatas hanya 30 orang saja. Sehingga calon peserta yang gugur antusias sekali dengan kegiatan yang diadakan oleh kelompok Jurnalis baru tersebut. Secara dejure mereka-mereka yang keluar dari pelatihan wartawan Harian Singgalang itulah yang mengelola mading, karena kurang motifasi kemudian pada akhirnya berhenti. Dan mading secara defakto dikelola oleh kelompok yang baru itu.

Ketika latihan pertama di Aula MTI Canduang, maka dibentuklah sebuah komunitas yang di beri nama AJM (Asosiasi Jurnalis Madrasah) Tarbiyah Islamiyah Canduang dan Zulkariman terpilih menjadi koordinator. Belakangan kata Jurnalis Madrasah itu terasa kurang pas, mungkin lebih baik di sebut Jurnalis Pelajar MTI Canduang. Tetapi sebutan itu sudah melekat dilidah kebanyakan warga madrasah dan dirasa belum mendesak utuk dirubah.

Pada hari ahad tanggal 5 agustus 2007 komunitas P_Emails wilayah Agam dibentuk, yang diprakarsai oleh pak Mel dan pak Al guru SLTP 3 Canduang. Zulkariman dari MTI Canduang di pilih menjadi ketua. Sejak saat itu semangat menulis bertambah. 5 orang senior itu banyak menulis yang kemudian dimuat ditabloit P_Emails, Walaupun dimuat ataupun tidak mereka tetap menulis. Mereka juga menjadi motor menyemangati kawan-kawan yang lain untuk menulis. Supaya tidak terjadi jabatan rangkap, maka Zulkariman mengundurkan diri dari Koordinator AJM dan dipilihlah Rahmat Asril menjadi koordinator yang baru.

Dengan 10 unit computer akses internet di labor, AJM semakin berkiprah. Setiap Sabtu mading terbit memukau. Mengapa Sabtu? Karena hari Jum’at libur dan hari Sabtu adalah hari pertama belajar setiap pekannya. Pembaca Nampak anatusias sekali dan mulai kecanduan informasi. Kalaulah hari Sabtu mading telat diisi, mereka akan menanyakannya. Setiap edisi dilengkapi dengan profil ulama, guru dan siswa berprestasi di MTI Canduang.

Pada pembentukan pengurus BES (Badan Eksekutif Santri) MTI Canduang periode 2007 – 2008 dalam presidium dibentuklah sebuah divisi jurnalis yang bertugas mengelola mading, menerbitkan buletin serta berkampanye meningkatkan kegemaran baca tulis. Beberapa orang anggota AJM duduk di divisi ini disamping senior-senior yang dilatih oleh Harian Singgalang beberapa bulan sebelumnya. Rahmat Asril yang notabene ketua AJM terpilih menjadi Kepala Departemen Kejurnalistikan.

Pada bulan November 2007 Departemen Jurnalistik Badan Eksekutif Santri MTI Canduang, Studi banding ke SMA I Baso yang sudah terlebih dahulu menerbitkan majalah SIMBA (Seputar Informasi SMA Baso). Pengalaman studi banding tersebut mengantar mereka menerbitkan buletin BINTANG 20 halaman sebanyak 700 eksemplar. Disamping media mading dan bulletin, AJM juga memiliki sebuah website yang beralamat: http://ajtarbiyahcanduang.blogspot.com.

Puas dengan penerbitan buletin BINTANG, dan berhubung kesibukan belajar semakin bertambah, Februari 2008 ini Departeman kejurnalistikan BES MTI Canduang maupun AJM belum nampak aktifitasnya. Hanya sekelompok kader baru bentukan Firmanto saja yang masih eksis mengoleksi tulisan dan menempelkannya di mading madrasah.(Fitrayadi)


Situs ini adalah ruang publikasi berita, informasi, karangan, liputan, puisi, do'a, karikatur, Santri MTI Canduang yang di asuh oleh Fitrayadi sejak Selasa, 07 Agustus 2007.Sebelumnya Situs ini dipakai oleh Asosiasi Jurnalis Santri MTI Canduang (AJM) yang didirikan pada tanggal 01 Agustus 2007 di MTI Canduang oleh 5 orang. yaitu Zulkariman, Yunal Isra, Leo Surya Sarli, Rahmat Asril dan Ari Azhari.MTI Canduang Alamat:Jln. Syekh Sulaiman Arrasuli, Pakan Kamis, Jorong Lubuk Aur, Nagari Canduang Koto Laweh, Kecamatan Canduang, Kabupaten Agam, Propinsi Sumatera Barat. Indonesia. Kode Pos: 26192. Telepon & Fax:(0752)28115Websites: http://www.tarbiyahcanduang.wordpress.com email: tarbiyahcanduang@gmail.com/, hatisanubari@yahoo.co.id

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama